dr. Edwin Djuanda, SpKK dokter pertama yang melakukan liposuction bius lokal di Indonesia AMAN sejak 1990

Sejarah bedah sedot lemak di Indonesia

Di Indonesia, liposuction dilakukan sejak tahun 1980-an, tetapi dengan adanya 1 kasus fatal, liposuction menjadi menakutkan dan sangat tidak popular. Pada tahun itu, dunia medis Indonesia cenderung “melarang dan mencegah” agar liposuction tidak dilakukan lagi karena membahayakan jiwa pasien.

Tahun 1990, dr. Edwin Djuanda, SpKK mengikuti kursus liposuction di Graduate Hospital Philadelphia, dibawah pimpinan Dr. Julius Newmann yang diselenggarakan oleh American Academy of Cosmetic Surgery.  Di kursus tersebut diajarkan teknik liposuction bius lokal yang SANGAT AMAN, yakni dengan teknik tumescent anesthesia.

Bulan November tahun 1990, Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI) Pusat mengadakan kursus pertama KURSUS BEDAH KULIT NASIONAL di RSPAD Gatot Subroto dengan pengajar antara lain Dr. Lawrence Field, Prof. Marwali Harahap, dr. IGAK Rata, dr. Sjarif M.Wasitaatmadja, dr. Edwin Djuanda (yang baru kembali dari kursus liposuction di Philadelphia). Dalam kursus tersebut liposuction termasuk dalam salah satu topik yang diajarkan baik teori maupun praktek. Di tahun inilah PERDOSKI mulai mensosialisasikan KE-AMAN-AN liposuction dalam bius lokal 100%.

Sekarang tumescent anesthesia dilakukan oleh hampir seluruh dokter pelaku liposuction di seluruh dunia. Diantara tahun 1990-2000, beberapa kali Prof. Marwali Harahap mendatangkan para ahli bedah kulit dunia untuk mengajarkan bedah kulit di Indonesia (Solo dan Jakarta).

Bulan Maret 2000, Pierre Fournier memberikan kursus liposuction di RS Persahabatan, Jakarta. Bulan Maret 2002, Lawrence Field datang ke Indonesia untuk memberikan kursus liposuction di Cimahi/Bandung, Padang, dan Medan.

Pada tanggal 12 Februari 2007, Departemen Kesehatan Republik Indonesia merampungkan HEALTH TECHNOLOGY ASSESSEMENT  (H.T.A) mengenai LIPOSUCTION di Indonesia dan menarik kesimpulan bahwa liposuction yang dilakukan dalam bius lokal tumescent merupakan liposuction paling aman (banyak dilakukan oleh dokter spesialis kulit), sedangkan untuk spesialis Bedah Plastik dilakukan dalam bius total (general anesthesia).